Minggu, 16 Agustus 2009

Naem Minta Media Islam Tampung Aspirasi Perempuan


Gaza – Infopalestina: Aleg Fraksi Perubahan dan Reformasi, Huda Naem menyerukan perlunya media-media Islam local dan regional menampung aspirasi dan kebutuhan perempuan dan memberikan ruang untuk berkontribusi dalam media yang memiliki visi perlawanan.

Hal tersebut disampaikan dalam diskusi yang digelar oleh Lembaga Tsuraiyah untuk Komunikasi dan Media dengan dihadiri oleh sejumlah aktifis lembaga media dan semua wartawan serta aleg parlemen Palestina di Gaza kemarin Senin (8/10).

Sementara itu, akademisi Wail Munaimah, dosen jurusan jurnalistik di Universitas Islam Gaza menguraikan bahwa media Islam yang bervisi perlawanan bukan hal yang mendadak muncul pada beberapa tahun lalu. Namun ia ada sejak adanya dakwah Islam dan memiliki dasar yang jelas untuk bisa eksis di masa mendatang.

Di sisi lain, wakil ketua TV Al-Aqsha, Muhammad Tsuraiyah menegaskan bahwa media masa hari ini tugasnya tidak lagi menyampaikan informasi saja. Namun ia juga menjadi mobilisasi dan senjata dalam situasi perang dan damai. Ia menegaskan perlunya media massa yang menjadi jubir cita-cita umat dan mengungkapkan ruh harga diri dan tidak tunduk kepada kepentingan pihak lain.

Pengamat politik Nahad Syekh Khalil bahwa keistimewaan paling menonjol dari media Islam adalah ia jauh dari provokasi mengumbar naluri dan perasaan sehingga menyeret manusia penuh ketegangan dan emosional. (bn-bsyr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar